Friday, December 15, 2006

The Hearts




Hati Nurani..

Sesungguhnya manusia benar2 harus berterimakasih kepada penciptanya, karena sang pencipta telah memberikan kebebasan yang sangat besar bagi manusia untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya di dunia ini. Manusia diberikan otak untuk berpikir dan menyimpulkan sendiri apa yang diperintahkan ataupun apa yang dilarang untuk dilakukan. Manusia juga diberikan keleluasaan oleh Allah SWT untuk berpikir, meyikapi dan memilih melakukan perbuatan baik atau melakukan bukan perrbuatan baik.

Namun banyak diantara Manusia yang masih belum dapat membedakan apakah ia telah berbuat baik serta benar sesuai dengan tata norma sosial yang berlaku atau hanya baik saja tapi tidak sesuai norma, atau malah melakukan perbuatan yang tidak baik serta tidak sesuai dengan norma. Pada dasarnya dapat diambil intisari bahwa kendali dari kehidupan manusia adalah berawal dari cara manusia itu sendiri dalam berpikir.

Disini dapat dilihat bahwa Sang Pencipta memberikan pilihan yang sangat ringan bagi manusia dalam melakukan perjalanan hidupnya, Hanya terdapat 2 pilihan dalam hidup setiap manusia macam, yaitu berbuat baik atau tidak berbuat baik, Itu saja! Ringan kan??

Namun dalam perjalanannya, banyak sekali manusia yang nota bene adalah ciptaan Tuhan yang paling pintar malah mencari-cari pasal serta alasan sebagai pembenaran untuk tidak melakukan perbuatan baik, padahal ia sendiripun sebenarnya sangat mengetahui dengan sejelas-jelasnya saat ia melakukan perbuatannya tersebut.

Selain daya pikir, Allah SWT pun memberikan manusia dengan HATI NURANI, jadi selain diberikan kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dengan pikiran, Manusia pun diwajibkan untuk mendengarkan Hati Nuraninya dalam melakukan suatu setiap tindakan. Karena hanya dengan logika masih belum cukup, masih harus di tambah dengan menggabungkan perbuatan dengan Hati Nurani, artinya biarpun perbuatan yang kita lakukan sudah sesuai dengan ajaran agama yang kita anut namun masih tetap harus memperbandingannya dengan Hati Nurani, apakah hal tersebut baik untuk dilakukan.

Karena dengan sering berlatih rutin secara sadar untuk menggunakan hati nurani, maka manusia akan diajak untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda sebelum ia melakukan suatu perbuatan. Oleh karena itu gunakan dan nikmatilah jeda atau ruang kosong seperti yang disebutkan pada bab sebelumnya,, cermati secara sadar dalam sudut pandang yang berbeda, lakukan hal ini sebelum anda memutuskan untuk melakukan suatu pilihan/perbuatan.

No comments: