Monday, December 11, 2006

The Art of Living in Harmony






Keseimbangan Hidup

Didalam setiap perjalanan hidup manusia di dunia ini selalu akan pernah merasakan kejadian yang menyenangkan sekaligus dengan kejadian yang menyedihkan. Hal ini terjadi karena Tuhan telah menciptakan situasi yang selalu berpasangan. Ada hitam ada putih, ada panas ada dingin, ada baik ada buruk dan lain2nya.

Hal-hal yang selalu bergandengan tersebut merupakan suatu hikmah yang sangat luar biasa dari Tuhan, karena dengan merasakannya kesedihan kita akan dapat merasakan kesenangan, lalu dengan mengetahui adanya rasa pahit maka kita beruntung dapat merasakan rasa manisnya madu, Dengan merasakan sakit pada fisik kita maka kita akan bisa merasakan nikmatnya sehat, dengan dapatnya kita merasakan kedua hal yang selalu saling berlawanan, ini berarti bahwa kita telah hidup didunia dengan kesempurnaan dan kenikmatan yang tiada taranya, artinya perasaan2 dalam situasi seperti itulah yang menandakan bahwa siapa yang merasakan hal tersebut sudah dipastikan bahwa dirinya adalah seorang manusia sempurna.

Dengan merasakan kesempurnaan2 tersebut maka seharusnya sebagai manusia kita patut bersyukur atas karuniaNYA dalam menikmati kepekaaan yang tiada taranya pada kehidupan normal,. Bayangkan andaikata anda tdak dapat merasakan rasa manis-pahit, senang-sedih, sakit-sehat dan lain sebagainya, maka sudah dapat dipastikan anda telah masuk kedalam bagian manusia hidup yang tidak waras alias gila.

Oleh karena itu sudah saatnya lah anda harus mensyukuri setiap kejadian yang anda hadapi dengan rasa syukur kepada Tuhan akan nikmatnya karena hanya dengan bersyukurlah kita dapat mengambil hikmah atas semua kejadian yang menimpa diri kita, pernahkah kita sesekali berpikir dan merenung atas kejadian yang menurut kita sangat tidak mengenakan ? Atau pernahkah kita sangat kecewa sekali karena rejeki yang sudah didepan mata saat calon pembeli kita batal membeli 5 buah mobil Mercedes yang ditawarkan seorang teman melalui kita? Dimana sudah terbayang komisi yang akan kita dapatkan pasti akan lebih dari 15 juta rupiah! Atau pernahkan anda kecewa karena pekerjaan baru pada Lembaga keuangan yang sangat anda idam-idamkani serta anda nantikan selama bertahun0tahun tiba lenyap karena saat wawancara terakhir anda tidak bisa bolos bekerja karena sang Bozz meminta laporan mendadak?

Dengan kekecewaan demi kekecewaan yang bertubi-tubi menimpa pasti akan membuat anda semakin berpikir bahwa Tuhan sangat tidak adil kepada anda, dan hal ini dapat membuat anda semakin membenci hidup anda yang selalu sial, padahal mungkin TUhan punya rencana lain, rencana yang mungkin sangat jauh lebih nbaik dari keintungan -2 sesaat seperti halnya yang anda lakukan diatas.

Mungkin suatu saat anda akan sangat berterimakasih kepada Tuhan, karena anda sangat beruntung karena ke-5 mobil Mercedes yang awalnya anda akan jual ke pembeli tersebut rupanya merupakan hasil selundupan dari Bos rekan anda, sehingga saat ini mereka semua yang berkaitan terpaksa meringkuk di Tahanan Polisi atas peristiwa jual beli terserbut. Atau, temapt dimana anda idam2 kan untuk berkarir ternyata malah dinyatakan ditutup dikarenakan adanya pergantian peta politik dinegeri ini, tepat 3 bulan setelah anda dinyatakan gagal test.

Bayangkan apabila saat itu anda berhasil menjualkan mobil Mercedes tersebut serta berhasil lulus test untuk mendapatkan pekerjaan pada lembaga keuangan tersebut, maka saat ini anda pasti merasa ketiban sial yang paling buruk apalagi bila dibandingankan dengan menerima komisi dan gaji hanya selama 3 bulan saja. Daat itu pula anda pasti akan merasa Tuhan lebih tidak adil lagi kepada anda, karena baru saja menerima rejeki lalu langsung tertimpa kesialan.

Tuhan memang menciptakan manusia untuk mempunyai suatu rasa yang saling berlawanan, dengan memberikan kemampuan otak pada manusia untuk berfikir dan mencerna, maka sebagai manusia yang telah diberikan kesempurnaan, seharusnya kita selalu mengucap kata Syukur kepada Tuhan karena atas karunianya kita menjadi manusia yang sangat sempurna.

No comments: